Latest News

Translate

Cara Mengolah Babat



#Babat adalah bagian perut sapi atau kambing yang menyimpan ampas makanan.  Saat mentah, babat bau dan berwarna hitam kusam sehingga tampak menjijikkan. Jika tak tepat mengolahnya, babat bisa jadi alot. Sepintas babat ini keras tapi setelah direbus lama bisa menjadi empuk. Rasanya yang kenyal menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak yang suka makanan berbahan dasar babat.
cara mengolah babat - babat

Ada tiga macam warna babat yang dijual. Babat berwarna hijau kusam, abu-abu, atau hitam adalah babat yang belum dibersihkan alias seperti warna aslinya. Anda harus mengosongkan isi perutnya dan membilasnya sampai bersih sebelum memasaknya.
Ada pula babat yang berwarna lebih cerah karena sudah dibuang isi perutnya dan dibersihkan. Jadi, Anda bisa menghemat waktu membersihkan dan membilas babat. Ada pula babat berwarna putih bersih karena direndam klorin untuk membunuh kuman. Namun, Anda perlu membilasnya beberapa kali untuk menghilangkan bau dan rasa klorin yang kuat. Yuk simak cara mengolah babat dari Abc Resep

Cara membersihkan babat: 

Babat yang masih kehitaman dan bau bisa dibersihkan dengan merendamnya dalam air kapur selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci dengan tangan sambil kerok dengan sendok. Buang  lapisan dalam  yang terdapat di dalam babat. Cuci hingga bersih babat yang sudah dikerikSetelah bersih, rendam dalam air jeruk nipis selama beberapa saat, lalu cuci.

Sebelum diolah, babat direbus dahulu sampai empuk. Ingat babat yang dijual di supermarket atau di pasar tradisional biasanya sudah bersih tapi belum empuk. jadi sobat perlu merebusnya dulu hingga empuk.
Air babat sebaiknya dibuang, dan tidak digunakan, karena  aromanya tidak enak.  Potong-potong babat jika ingin dimasak.
Sobat Abc Resep bisa membaca tips agar babat cepat empuk.

#babat, #cara mengolah babat, #cara membersihkan babat, #cara memasak babat, #resep.
Baca juga :
Cara  membuat tempoyak
Cara agar daging cepat empuk
Ayam Fillet Panggang