Latest News

Translate

Cara agar Babat Cepat Empuk

#Babat memang enak jika diolah menjadi berbagai makanan. Ada sensasi tersendiri saat menikmati kekenyalan babat. Saat mentah, babat bau dan berwarna hitam kusam sehingga tampak menjijikkan. Jika tak tepat mengolahnya, babat bisa jadi alot. Karena itu, kenali jenisnya serta cara membersihkan dan mengolah babat yang benar: Sobat sudah membaca cara membersihkan babat yang Abc Resep bagikan? Kalau belum baca dulu disini.
cara agar babat cepat empuk - babat

Babat memang enak dan lezat. Namun, kalau dimasak babat sukar menjadi empuk, makanya sebelum babat diolah menjadi makanan apapun, babat harus diolah dulu agar bisa empuk. setelah empuk baru sobat bebas mengolahnya menjadi makanan favorit sobat. (baca juga : 7 Tips Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing). Jangan khawatir, Abc Resep akan bagikan tips agar babat cepat empuk. Silahkan pilih alternatif cara mengempukkan babat di bawah ini:
1. Masak dengan panci presto.
Babat direbus dahulu bersama rempah daun seperti daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk, masak sampai babat empuk. Untuk menyingkat waktu,  babat dapat direbus dengan panci bertekanan (presto) selama 30 menit.
2. Pakai segenggam beras.
Bersihkan babat, lalu rebuslah babat. Masukkan segenggam beras yang telah dicuci bersih. Rebus hingga empuk. Angkat. Cucilah kembali babat hingga bersih. Masak sesuai selera.
3. Rebus dengan rempah.
Agar babat tak alot, masukkan babat ke air mendidih lalu rebus diatas api kecil-sedang bersama daun salam, lengkuas, serai, jahe, atau daun jeruk sampai empuk. Rempah tersebut untuk mengurangi bau tajam babat yang tersisa. Rebus sampai empuk.
4. Olesi daging nanas
Bersihkan babat, tiriskan. Kupas nanas, kemudian parut dagingnya (bisa diblender). Lumuri babat dengan parutan daging nanas. Diamkan 30 menit. Cuci babat sampai bersih, kemudian rebus dengan campuran rempah-rempah. (baca juga : Resep Kambing Bumbu Pedas )
5. Kukus diatas rempah
Selain direbus, babat juga bisa diempukkan dengan cara dikukus. Letakkan campuran wortel, bawang putih, jahe, cabai, serta saus tiram di bagian bawah pengukus. Kalau mau, Anda juga bisa menambahkan perasan jus lemon pada campuran tersebut. Setelah campuran bumbu mendidih, letakkan babat yang telah dibersihkan dan dipotong di bagian atas pengukus. Kukus babat dengan api kecil sampai sedang selama sekitar 1 jam. (baca juga : Resep aneka masakan berbahan ayam dan daging)
Setelah empuk, babat tidak memerlukan proses memasak yang cukup lama lagi. Anda bisa mengolahnya menjadi masakan favorit sobat, menumisnya dengan bumbu atau menambahkannya pada sajian lain, misalnya nasi goreng. (baca juga : tips jitu agar daging cepat empuk)
Peringatan : Buang air rebusannya, lalu potong-potong dan masak babat sesuai selera. Jangan gunakan air perebus babat sebagai kaldu atau kuah untuk masakan karena baunya sangat tajam.

#babat, #empuk,  #cara agar babat cepat empuk, #tips agar babat cepat empuk, #cara mengempukkan babat, #tips mengempukkan babat.
Asinan buah
Tips agar daging cepat empuk dengan kulit pisang
Tips agar minyak tidak muncrat saat menggoreng ikan