Resep Kue Bolu Kukus Pelangi Mekar Mengembang

Kue Bolu merupakan makanan yang mudah di jumpai di Indonesia. Selain rasanya yang lezat proses pembuatan kue ini juga tergolong mudah. Hal ini tentunya tak terlebas dari bahannya yang mudah di dapat. Kue yang satu ini umumnya kita jumpai pada berbagai acara seperti pernikahan, pesta, lebaran, dan acara-acara penting lainya. Kue Bolu sendiri ada yang dibuat menggunakan oven ada juga yang dibuat dengan cara di kukus.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus hampir sama dengan beberapa jenis bolu panggang lainnya. Yang membedakan, untuk penggunaan telur hanya menggunakan kuning telurnya saja. Dalam resep ini, tidak hanya menggunakan cokelat bubuk sebagai variasi warna pada puncak bolu kukus. Jika menyukai, anda bisa menambahkan pewarna makanan hijau atau merah muda untuk hasil bolu kukus yang lebih bervariatif.

Resep Kue Bolu Kukus

Untuk cetakan bolu kukus sendiri bisa anda dapatkan di toko bahan kue. Ada beberapa variasi ukuran cetakan bolu kukus. Dari yang paling kecil yang biasanya untuk cetakan kue talam, hingga cetakan bolu kukus yang hampir menyerupai gelas 200cc.
Sejatinya cara membuat bolu kukus tidak berbeda jauh dengan pembuatan kue bolu pada umumnya. perbedaan yang paling mendasar terletak pada komposisi air untuk adonan. Pada bolu kukus membutuhkan lebih banyak air dibandingkan bolu biasa agar bolu kukus bisa lebih merekah. Berikut ini resep bolu kukus yang bisa anda coba di rumah.

Bahan-bahan untuk Membuat Bolu Kukus Pelangi :
200 gr gula pasir.
2 butir telur.
275 gr tepung terigu berkadar protein sedang.
225 ml minuman bersoda tawar  seperti sprite atau f&n.
2 sdt emulsifier (sp/tbm).
1/2 sdt baking powder.
1/2 sdt esens vanili.
2 tetes pewarna makanan 1 (misal warna cokelat, merah, dll)
2 tetes pewarna makanan 2 (misal warna hijau, pink, dll)

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar :
1. Campur bahan berikut; gula pasir, telur, dan emulsifier kemudian kocok hingga kaku selama kurang lebih 10 menit.
2. Ayak/ saring tepung terigu dan baking powder secara bergantian dan campur dengan minuman bersoda lalu kocok perlahan.
3. Masukan esens vanili lalu aduk hingga rata.
3. Agar kue bolu kukus lebih menarik maka ambil 50 gram adonan untuk diberi pewarna 1 kemudian aduk hingga rata. Kemudian ambil 50 gram adonan lagi dan beri pewarna 2 aduk rata. Sisa adonan biarkan berwarna putih. (Sobat bisa menambahkan variasi warna sesuai selera)
•  Masukan adonan putih pada cetakan bolu kukus yang telah dilapis kertas kue. Beri variasi dengan menambah adonan warna 1 dan 2 pada bagian atas.
•  Selanjutnya kukus selama 10 menit dengan api besar.

Tips Agar Bolu Mekar Mengembang :
Setiap membuat adonan baiknya menggunakan air soda yang baru di beli. Hasil kurang maksimal jika menggunakan air soda yang sudah pernah di buka karena soda telah menguap.
Dalam mengisi adonan di cetakan pastikan anonan sejajar dengan tinggi cetakan. Jika tidak sejajar akan berdampak pada hasil yang tidak mengembang.
Sebelum memasukan kue bolu di pengukus sebaiknya panci pengukus dipanaskan hingga air didalam panci mendidih.
Lapisi penutup panci pengukus dengan kain lap yang bersih yang bertujuan menyerap uap airsehingga tidak menetes di kue saat di kukus.
Sebaiknya jangan sekali-kali membuka penutup panci kukusan sebelum kue benar-benar masak. Biasanya waktu yang dibutuhkan agar kue bolu benar-benar masak sekitar 10 menit baru boleh dibuka.
Untuk mengecek kemataangan kue sebaiknya gunakan lidi untuk memastikan. Caranya yaitu dengan menusuk adonan menggunakan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi maka bisa dipastikan bahwa bolu benar-benar sudah masak.

Artikel Terkait