Resep Tongseng Daging Kambing

Tongseng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang popular di masyarakat karena dengan rasanya yang enak dan gurih. Tongseng kambing ini banyak kita jumpai  diberbagai daerah seperti di solo, Jakarta dan kota-kota lain. Tongseng kambing ini memang banyak di sukai orang baik dikalangan remaja sampai orang tua. Dan cara buatnya pun tidak sesulit yang banyak orang kira. (coba juga : Resep Kambing Bumbu Pedas)
Saat Hari Raya Idul Adha, daging kurban  biasanya akan langsung dibagikan seusai penyembelihan dan pemotongan hewan kurban dilakukan. Hampir semua orang menerima daging kurban ini baik daging kambing atau daging sapi. Biasanya sih daging kambingnya dibuat sate kambing. Tapi bagian kambing lainnya, termasuk daging yang bercampur dengan tulang perlu dibuat masakan lain selain sate.

Resep Tongseng

Berbagai menu disiapkan dan salah satu yang bisa diterapkan adalah tongseng kambing. Tongseng kambing ini ada menggunakan santan ada yang tanpa santan. Sobat bisa memilih sendiri mau masak tongseng tanpa santan atau malah suka masakan bersantan. Terserah sobat ABC Resep dan keluarga deh, mana yang lebih disukai.
Pada kesempatan kali ini yang akan ABC Resep bagikan adalah Resep Tongseng bersantan. Kalau Resep Tongseng Tanpa Santan sobat bisa baca disini, Resep Tongseng Daging Kambing Tanpa Santan.
Anda tertarik membuat? Cara membuatnya cukup mudah. Segera siapkan bahannya dan masak sesuai dari resep tongseng kambing yang pakai santan berikut ini :

Bahan Tongseng Kambing :
400 gram daging kambing
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam
1000 ml (1 liter) air
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
150 gram kol, dipotong kotak
2 batang daun bawang, dipotong cacah sepanjang 2 cm
1 buah tomat merah, dipotong-potong
3 siung bawang merah diiris tipis-tipis
4 buah cabe rawit merah, dipotong cacah sepanjang 2 cm
2 1/2 sdm kecap manis
4 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus tongseng :
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir lada
3 buah kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
2 cm jahe
1 sendok teh ketumbar
1 1/2 sendok teh garam

Cara memasak Tongseng :
  1. Rebus daging kambing dan daun salam dalam air mendidih, tunggu sampai empuk. Angkat dan buang airnya, potong-potong dagingnya menjadi potongan kecil-kecil.
  2. Rebus santan, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sambil diaduk, tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, cabe rawit merah dan daging kambing sampai harum.
  4. Tambahkan kol ke dalam tumisan, tumis kol hingga layu.
  5. Masukkan kecap manis, aduk rata.
  6. Tuang kuah santan, tunggu hingga mendidih.
  7. Setelah kuah santan mendidih, tambahkan daun bawang dan potongan tomat, masak hingga matang, sajikan hangat.
Mudahkan cara memasak tongseng kambing? Resep diatas untuk memasak tongseng bersantan, kalau sobat ingin memasak tongseng yang tanpa santan, sobat bisa membacanya disini, Cara memasak tongseng tanpa santan.
Tips :
sebelum daging dimasak menjadi tongseng sebaiknya daging kambing diempukkan dulu dengan cara dimasak dalam waktu lama, diolesi nanas atau ikuti dan baca tips agar daging cepat empuk.

Artikel Terkait