Latest News

Translate

7 Tips Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Cara Menghilangkan Bau Prengus - Hari raya Idul Adha adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Hari raya Idul Adha biasa juga disebut hari raya Kurban karena pada hari tersebut disunahkan untuk menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing. Tak heran pada hari raya Idul Adha banyak dibagikan daging kambing dan daging sapi. 

Daging kambing punya rasa yang khas dan juga bau yang khas atau yang biasa disebut bau prengus. Bagi yang sudah biasa mengolah daging kambing tentu sudah tahu cara menghilangkan bau prengus daging kambing, tetapi bagi orang yang tidak biasa memasak daging kambing, mengolah daging kambing hanya setahun sekali saat Idul Adha saja tentu akan kebingungan bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing.  
Cara menghilangkan bau prengus daging kambing

Bau prengus kambing atau bau lebus merupakan bau khas kambing yang berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing terutama kambing jantan. Bau inilah yang jika kita tidak bisa mengolahnya dengan baik akan tetap lengket meskipun daging kambing tersebut sudah kita olah dengan berbagai macam resep pilihan daging kambing tapi baunya tetap seperti bau kambing hidup. Untuk itu diperlukan beberapa langkah untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. (baca juga : tips jitu agar daging cepat empuk)

Bagi penikmat masakan daging kambing bau prengusnya mungkin masih dianggap belum seberapa mengganggu dibanding rasa lezat daging kambing yang selalu menggoda lidah untuk menikmati, tetapi bagi sebagian orang bau prengus kambing akan sangat mengganggu dan bisa mengurangi nafsu makan. Nah, bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing? Apa trik khusus untuk menghilangkan bau prengus? Bagaimanakah langkah untuk menghilangkan bau prengus kambing?. Silahkan ikuti langkah-langkah jitu menghilangkan bau prengus daging kambing di bawah ini :

1. Cuci Bersih.
Langkah pertama menghilangkan bau prengus daging adalah dengan mencuci bersih daging kambing. Pastikan daging kambing sudah dalam kondisi bersih sebelum diolah menjadi berbagai olahan daging kambing. 
Bau prengus daging mungkin berasal dari daging itu sendiri, tetapi tidak menutup kemungkinan ada bakteri atau kuman yang nempel di daging itu. untuk itu cucilah daging kambing dengan menggunakan air yang mengalir sampai bersih. Hanya saja mencuci daging kambing sebelum memasaknya bisa mengurangi rasa khas kelezatan daging kambing.

2. Rendam dengan Bumbu.
Menghilangkan bau prengus pada daging kambing bisa dilakukan dengan cara merendam daging beberapa saat sebelum memasaknya. Campuran perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis, garam, kecap dan lada bisa mengurangi bau prengus daging. 
Perendaman ini tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi bau prengus kambing tetapi juga akan menambah kelezatan rasanya. 

3. Rendam dengan Susu.
Langkah efektif menghilangkan bau prengus daging tidak hanya bisa dilakukan dengan prendaman dengan menggunakan bumbu rempah saja. Susu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus. Rendamlah daging dengan susu.
Merendam daging dengan susu tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan prengus pada daging kambing tetapi juga akan mengempukkan daging kambing sehingga lebih nikmat untuk dinikmati.

4. Rebus Lalu Cuci
Kalau kita biasa mengolah daging lain dengan cara mencucinya terlebih dahulu baru kemudian di masak dengan berbagai resep daging kambing, tidak demikian dengan cara mengolah daging kambing. Sebaiknya setelah baru disembelih, daging kambing langsung direbus tanpa mencucinya terlebih dahulu. Setelah mendidih kemudian angkat dan tiriskan daging kambing. Langkah selanjutnya adalah buang air rebusan daging. Silahkan potong-potong daging sesuai kebutuhan, baru kemudian cuci sampai bersih sebelum dimasak dengan resep daging pilihan.

5. Rebus dengan rempah-rempah.
Jika Anda memilih langkah ke empat untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, Anda bisa melanjutkan langkah kelima ini.
tips menghilangkan bau prengus daging bisa dimulai dengan merebus daging kambing terlebih dahulu tanpa dicuci sampai mendidih. Buang air rebusan tanpa tersisa, kemudian rebus daging kambing untuk kedua kalinya. Kali ini silahkan tambah dengan rempah-rempah sseperti jahe, daun jeruk, serai, dan kayu manis. Untuk menghilangkan bau prengus sekaligus membuat daging empuk dan harum, rebuslah daging dengan api sedang selama 1 jam. Niscaya daging kambing akan berbau harum dan empuk sehingga siap diolah menjadi berbagai macam resep daging kambing.

6. Hilangkan lemaknya.
Perlu anda tahu bahwa lemak yang menempel pada daging kambing merupakan sumber bau prengus. Anda perlu memisahkan lemak dari dagingnya sebelum menyimpan daging kambing. Tapi perlu anda ketahui, jika anda ingin membuat sate kambing maka lemak tidak perlu dipisahkan dari daging. Campur saja lemak dengan daging. Perpaduan rasa daging dan lemak yang dipanggang akan menghasilkan rasa jauh lebih nikmat, manis dan gurih. Tapi  ingat. lemaknya jangan terlalu banyak. Ini adalah rahasia kenikmatan sate kambing yang digemari banyak orang. 

7. Gunakan Yoghurt.
Yoghurt merupakan salah satu bahan yang bisa menghilangkan bau prengus daging kambing sekaligus bisa mengempukkan daging. Dalam yoghurt banyak mengandung mikroorganisme yang memiliki beragam fungsi. 
Cara ini bisa dilakukan dengan melarutkan yoghurt dengan sedikit air lalu rendamlah daging kambing sehari semalam. Usahakan agar tidak melebihi batas waktu tersebut karena akan mengakibatkan daging menjadi hancur.

Demikian 7 tips menghilangkan bau prengus daging kambing. Silahkan pilih langkah mana yang anda anggap mampu menghilangkan bau prengus pada daging kambing

Daging kambing sudah siap diolah. Silahkan pilih resep olahan daging kambing di bawah ini. Klik resep daging kambing yang Anda sukai :
1) Resep daging kambing cincang
2) Resep kambing bumbu pedas
3) Resep Tengkleng Kambing
4) Resep Tongseng tanpa santan
5) Cara membuat sate madura
6) Resep tongseng daging kambing
7) Resep sate goreng