Resep Tengkleng Kambing

Resep Tengkleng Kambing - Resep Tengkleng Solo merupakan Resep Masakan Indonesia yang berkuah sedikit kental dan menggunakan jeroan, iga atau bagian daging kambing yang masih ditempeli tulang. Sesuai namanya, yaitu tengkleng berasal dari bahasa jawa, yang artinya tulang. Makanya bahan yang dipakai adalah tulang, namun bukan hanya tulangnya saja tentu dengan dagingnya yang nempel. Disitulah sensasi rasanya bersumber saat melepas daging dari tulang sebelum dinikmati.
Buat sobat yang kebetulan tinggal di Solo dan sekitarnya atau pernah berkunjung ke Solo dan sekitarnya pasti kenal dengan Resep Masakan Indonesia dengan bahan dasar kambing ini. Resep Daging Kambing ini Sebenarnya tidak hanya dari kambing, tetapi ada juga tengkleng daging sapi cuma kalau yang umum memang menggunakan daging kambing yang ada tulangnya. Kalau dari tampilannya sih pertama kali melihat sobat akan mengira resep masakan kambing ini resep gule tetapi ternyata ada beberapa perbedaan di bumbu tengkleng kambing yang digunakan. (Anda juga bisa baca : resep tahu bola ayam)
Resep Tengkleng Kambing

 Dari tampilannya, banyak yang mengira resep tengkleng kambing ini adalah gule kambing. Hal ini memang tidak bisa disalahkan karena memang kalau dilihat sepintas memang sangat mirip walaupun bahan utama yang digunakannya memang beda. Kalau gule kambing sebagian besar menggunakan daging dengan tambahan santan kental. Sedangkan resep tengkleng ini menggunakan bahan baku utama iga kambing dan ditambahkan dengan jeroan kambing. Santan yang digunakan juga sangat sedikit dan encer bahkan ada beberapa macam resep yang tidak menggunakan bahan santan sehingga kuahnya kelihatan lebih encer daripada gule kambing. (baca juga : Cara Membuat Sate Madura)
Cara membuat tengkleng kambing khas Solo memang bisa dibilang susah susah gampang. Terutama buat menghilangkan bau khas kambingnya yang biasanya ikut mucul di aroma masakan kambing yang kita buat. Solusinya adalah daging kambing yang akan dimasak tidak perlu dicuci. Cukup direbus sebentar sampai mendidih dan buang kotoran yang mengambang setelah itu angkat dan ganti airnya dengan yang baru. Silahkan klik dan baca : 7 tips cara menghilangkan bau prengus daging kambing. Untuk resep tengkleng kambing kali ini kita menggunakan santan encer sehingga hasilnya sedikit lebih cerah warnanya. Tetapi kalau teman teman suka dengan kuah yang sedikit kental, santan kental bisa ditambahkan sebagai bahan dan bumbu resep masakan tengklengnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan cara membuat tengkleng di bawah ini.

Bahan Tengkleng :
500 gr Iga kambing , di potong-potong sesuai selera
500 gr usus kambing, jeroan, lidah, telinga kambing, dipotong-potong kecil

Bumbu Tengkleng Dihaluskan :
12 siung Bawang merah
6 siung Bawang putih
6 cm Kunyit
6 butir Kemiri sangrai
1 butir Pala

Bumbu Tengkleng (Dimemarkan) :
4 cm Jahe
4 cm Lengkuas
2 batang Serai

Bahan Tengkleng lainnya:
100 ml santan
4 lembar Daun jeruk
2 lembar Daun salam
3 cm Kayu manis
6 butir Cengkeh
1 liter Air matang
Garam, secukupnya
Kecap manis,secukupnya
4 sdm Minyak goreng

Cara membuat tengkleng :

  1. Didihkan air didalam panci, rebus iga kambing selama 10 menit atau hingga keluar busa-busa dan kotoran.
  2. Buang busa dan kotoran, angkat iga kambing dari panci dan sisihkan. Jangan simpan air rebusan iga kambing untuk dijadikan kaldu karena ini sumber bau prengus kambing.
  3. Didihkan kembali air didalam panci, lakukan hal yang sama seperti diatas untuk usus, jeroan, telinga, lidah kambing.
  4. Panaskan minyak didalam wajan, tumis bumbu-bumbu yg dimemarkan, kemudian bumbu halus dan bahan lainnya kecuali air, santan dan iga kambing hingga harum.
  5. Masukkan iga kambing, kemudian aduk-aduk hingga terbalut bumbu merata.
  6. Tambahkan air, tunggu sampai mendidih, 
  7. Masukkan santan, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing dan jeroan sampai empuk.
  8. Tambahkan garam dan kecap manis.
  9. Siap disajikan bersama bawang goreng.
Selamat mencoba Resep Tengkleng Kambing.
Sobat bisa membaca cara membuat daging menjadi empuk di sini : tips mempercepat daging menjadi empuk.

Artikel Terkait