Hindari kolesterol, ginjal, kanker dan penyakit jantung dengan sayur ini

Menyantap mie rebus atau mie ayam rasanya tak lengkap tanpa sayur yang satu ini, yaitu sayur sawi. Sayuran berwarna hijau tua ini tidak hanya enak untuk dinikmati bersama mie, tapi juga ternyata sawi memiliki banyak manfaat. Diantaranya sebagai obat penyakit TBC, rematik, hepatitis, meringankan memar, bisul, dan penawar gigitan ular. Sayur sawi juga sebagai sumber vitamin dan mineral.
khasiat sawi untuk kesehatan

Sawi tumbuh liar di tepi sungai atau ladang dan di tempat-tempat yang agak lembab pada ketinggian lebih kurang 1.300 meter di atas permukaanlaut. Batangnya basah, tingginya sampai 55 cm. Daun berbentuk bulat telur atau ada juga yang berbentuk bulat panjang, ujung melancip.  Bunganya kecil berwarna kuning.

Nama lokal sawi bermacam-macam, diantaranya sawi lemah, taneuh, jukut sakti, rom taroman, kamandilan, maru-maru, dan sebagainya.

Sawi kaya vitamin A dan mineral. Namun zat besinya tergolong nonheme iron alias tak mudah diserap tubuh. Untunglah kandungan mineralnya cukup tinggi. (baca juga : 8 manfaat kismis untuk kesehatan)

Seperti juga kubis dan brokoli, sawi sangat berguna untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker colon. Ini dimungkinkan karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu serat pada sayur sawi bermanfaat untuk memperlancar sistem pembuangan tubuh, menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko penyakit jantung. 

Sawi juga dipercaya menghilangkan rasa gatal di tenggorokan pada penderita batuk dan bersifat menghangatkan tubuh. Daun sawi berguna untuk peluruh air seni, radang ginjal dan bisul. 

Sayur sawi juga sebagai bahan pembersih darah dan memperbaiki fungsi ginjal. Komposisi zat-zat yang terkandung dalam sawi sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. (baca juga : Cara mudah mencegah jerawat saat menstruasi)

Berikut beberapa resep kesehatan dengan menggunakan sayur sawi :
1. Mengobati Radang saluran nafas.
Ambil sawi segar, masak sampai mendidih, kemudian ambil ekstrak klorofilnya, minumlah 200 hingga 300 mg/hari dan minumlah 4 kali sehari. Resep tersebut bisa juga dipakai untuk mengurangi nyeri haid.

2. Mengobati Rheumatik
Ambil 30 gr sawi segar, rebus dengan 2 gelas air, kemudian minum. 

3. Mengobati sakit kuning.
Ambil 1/4 genggam akar sawi, 1/3 genggam daun sawi segar, rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 setengah gelas air. Tunggu sampai dingin, lalu saring. Tambahkan madu. Minum 3/4 gelas 2 kali sehari.

4. Mengobati bisul.
Ambil daun sawi segar sebanyak 25 gram. Tambahkan air 125 ml, lalu buatlah jus sawi. Minum satu kali sehari.

5. Mengobati flu.
Ambil 30 gr sawi segar dan tambahkan 10 gr bawang putih. Masak, lalu minum airnya.

Demikianlah khasiat sayur sawi yang belum banyak diketahui orang. Semoga bermanfaat.
baca : Sering beser? ini penyebab dan cara mencegahnya.

Artikel Terkait