Tips Agar Anak Suka Sayuran dan Buah



Tips agar anak suka sayuran dan buah - Kini balita sudah bisa menikmati makanan dalam daftar menu keluarga, dan semakin jelas makanan apa kesukaannya. Sayangnya, mungkin ia tidak suka sayur. Anda perlu sabar dan jaga komitmen, agar anak suka sayuran. Ayo Bunda, ini dia tantangan Anda!
tips agar anak suka sayuran
Tisp agar anak suka sayuran

Rata-rata anak mengonsumsi kurang dari setengah jumlah buah dan sayuran yang dibutuhkannya. Bantulah anak menyantap buah dan sayurannya dengan tip  mudah agar anak gemar makan sayur.

Tips agar anak suka sayuran dan buah


Cobalah Pilihan Berbeda
Anak Anda mungkin tidak suka brokoli matang, tapi menyukai brokoli mentah. Sobat juga bisa mencoba memberinya wortel,  sayur lain cenderung relatif tidak ada rasanya atau rasanya terasa aneh bagi lidah si kecil, sementara wortel memiliki rasa manis.

Jadilah Koki Kreatif
Tambahkan buah dan sayuran ke dalam sajian lainnya. Semisal Crepes Nangka Pisang yang mengandung irisan nangka dan pisang.

Anak-anak cinta kesederhanaan, maka sajikan sayuran secara sederhana. Tak perlu terlalu banyak bumbu atau cara olah yang rumit. Biarkan si kecil menikmati rasa manis wortel kukus, atau rasa khas bayam berkuah bening. 

Buat bentuk yang menarik adalah salah satu trik yang menyenangkan. Dunia anak adalah dunia bermain, pasti ia antusias melihat cantiknya wortel yang tampil dalam bentuk bunga, buncis disusun berbentuk dinosaurus atau jus sayuran dihias sedotan warna-warni.

Sayuran aneka warna, indah bak pelangi. Anda bisa mulai dari satu jenis warna dulu. Atau, buatlah hidangan seperti sup sayuran warna-warni berisi wortel, buncis, jagung, kacang merah. Ajak ia makan sambil menyebut satu persatu warna sayuran yang ada di mangkuknya. Pasti dia suka!
Libatkan si Kecil
Dia akan cenderung lebih mau mencoba makanan jika merasa terlibat dalam persiapannya. Biarkan dia membantu memilih dan jika memungkinkan ikut memersiapkan buah-buahan dan sayuran.

Persiapkan Makanan Kecil
Simpanlah potongan buah siap makan di dalam kulkas atau di tempat yang sering di lihat anak. Kalau si kecil merasa lapar, ia mungkin akan mengambil apa yang terlihat olehnya untuk dimakan.

Kasih Contoh. Anak kecil gemar meniru orang-orang terdekat. Nah, sobat ABC Resep perlu demonstratif memperlihatkan betapa sayuran sangat Anda gemari. Ini juga kesempatan emas untuk mengenalkan aneka sayuran, cara tepat makan sayuran, dan betapa hebatnya buah-buahan dan sayuran dalam mendukung kesehatan.

Kemas dalam cerita, lagu dan permainan. Karanglah cerita dengan tokoh sayuran yang ada di piringnya. Misalnya, brokoli sebagai pohon, wortel sebagai mobil. Kembangkan imajinasi bersama anak, biarkan ia terlibat dalam mengembangkan cerita sambil makan. Anda juga bisa membuat syair lagu tentang sayuran menggunakan nada lagu yang sudah dikenal. 

Bertahap dan berulang. Perkenalkan sayur sejenis demi sejenis, sedikit demi sedikit dan berulang-ulang. Pada usia ini, si kecil dalam fase negativistik, yaitu menolak makan karena ingin menunjukkan keakuannya. Kalau hari ini menolak brokoli, tawarkan padanya di lain waktu. Yang penting berikan dalam porsi, ukuran dan tekstur yang pas untuk mulutnya. Jangan pernah bosan memberinya sayuran tanpa paksaan.

Selamat berusaha menjadikan anak suka makan buah dan sayur ......


#tips, #balita, #anak, #kesehatan, #tips agar anak suka sayuran dan buah, #sayur, #sayuran, #buah, #buah-buahan, #cara, #cara agar anak suka makan sayur, #cara agar anak suka makan sayuran.

Berapa usia yang tepat anak mulai sekolah ?
Khasiat Daun Seledri
Resep Olahan Ikan

 

Artikel Terkait