Mitos atau Fakta : Buah Duku Bisa Bikin Awet Muda ?

Penuaan dini merupakan momok yang ditakuti oleh pria maupun wanita. Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Tanda penuaan biasanya mulai muncul saat seseorang menginjak usia 30 tahun. Ketika usia sudah mendekati 30 tahun, seseorang akan mengalami perubahan pada kulitnya. Kulitnya tidak lagi sekenyal saat berusia 20an tahun, kulit mulai terasa mengendur dan mulai terlihat ada kerutan. Namun, penuaan akan menjadi masalah besar terutama bagi wanita, ketika tanda-tanda penuaan muncul di saat usianya masih muda. Hal ini yang biasa disebut sebagai penuaan dini.
buah duku bikin awet muda dan mencegah penuaan dini

Penuaan dini akan menjadikan seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Saat teman sebayanya terlihat masih muda dan segar, ia terlihat lebih tua dibanding yang lainnya. Tidak hanya itu saja, penuaan dini juga akan mempengaruhi rasa percaya diri, karena ketampanan dan kecantikannya mulai memudar, sehingga akan mengurangi daya tarik dan pesona seseorang.

Ada beberapa kasus yang dijumpai, bahwa ada seorang pria yang baru berumur 20 tahun tapi sudah kelihatan seperti bapak-bapak berumur 30 an, atau seorang gadis remaja yang baru lulus SMA tapi sudah kelihatan seperti ibu-ibu yang sudah menggendong anak. Penuaan dini ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tingkat stres, sering terpapar sinar matahari, asap kendaraan bermotor, merokok, mengkonsumsi alkohol, sering begadang atau kurang tidur. (baca juga : hindari kolesterol, ginjal, kanker, dan penyakit jantung dengan sayur ini)

Tanda penuaan dini biasanya terlihat ketika muncul kerutan atau garis halus di sekitar kelopak mata, kulit mengendur, dan kulit mulai ada kerutan terutama dibagian wajah. Orang yang mengalami penuaan dini tentu tidak akan merasa nyaman dengan kondisi yang dialaminya. Orang yang sudah berumur 30an tahun saja berusaha sebaik mungkin untuk meminimalisir proses penuaan yang terjadi, bahkan kalau bisa pingin awet muda terus, dan tidak pernah terlihat tua. Apalagi yang masih berusia muda tapi sudah kelihatan tua. 

Ada banyak cara agar bisa awet mudan dan menghindari penuaan dini. Sobat tidak perlu keluar uang banyak agar awet muda. Ada banyak cara alami dan murah untuk menghindari proses penuaan dini. Berikut cara alami dan mudah untuk mencegah penuaan dini :
  1. istirahat teratur. Tidur yang cukup dan jangan suka begadang.
  2. hindari stress
  3. jangan merokok 
  4. jangan mengkonsumsi alkohol, 
  5. rajin membersihkan wajah terutama sebelum dan sesudah tidur
  6. rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.
Sesuai dengan judul di atas Mitos atau Fakta, buah duku bisa bikin awet muda atau bisa mencegah penuaan dini? Apakah buah duku termasuk buah yang bisa mencegah penuaan dini? Ini mitos atau fakta? Hampir semua buah mengandung antioksidan terutama vitamin C dengan kadar yang berbeda-beda. Buah duku juga mengandung antioksidan vitamin C.

Jenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia bisa berupa vitamin C, vitamin E dan betakaroten. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari efek jahat radikal bebas. Radikal bebas yang tidak dapat ditangani tubuh dapat menjadi penyebab penyakit jantung, kanker dan juga penuaan dini. Buah duku bisa digunakan sebagai sumber antioksidan karena mengandung vitamin C. (baca juga : manfaat minyak zaitun untuk kesehatan)

Namun, seberapa banyak buah duku yang harus kita konsumsi tiap hari agar bisa mencukupi kebutuhan vitamin C kita? Tiap hari tubuh manusia membutuhkan 75 - 90 mg vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah duku adalah sebanyak 9 mg dalam setiap 100gr duku atau sebanyak 8 - 10 buah duku, sementara vitamin yang kita butuhkan sebanyak 75 - 90 mg tiap hari, berarti untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin C kita harus mengkonsumsi sebanyak 8 - 10 gr duku atau hampir 1 kg tiap hari. wow, cukup banyak ya? 

Konsumsi buah duku sebaiknya jangan terlalu banyak, karena getah yang terdapat dalam duku bisa menyebabkan batuk. Getah tersebut biasanya ikut tertelan saat kita makan duku, sehingga jika jumlahnya terlalu banyak akan menyebabkan batuk. Lalau bagaimana biar kebutuhan vitamin C kita terpenuhi? Sobat bisa mengkonsumsi duku secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Kemudian konsumsi buah dan sayuran lainnya untuk mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh kita. Antioksidan juga terdapat pada buah anggur, jeruk, pir, pisang, nanas, mangga, pepaya, stroberi, brokoli, tomat, kubis, dan kacang-kacangan. (baca juga : cara menghilangkan bekas jerawat degan cepat dan alami)

Buah duku bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini, mitos atau fakta ? Jawabannya, kalau konsumsinya kurang dari ketentuan di atas, maka itu adalah mitos. Tetapi, jika konsumsi buah duku sesuai dengan jumlah yang ditentukan atau buah duku ditambah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya, maka itu akan menjadi sebuah fakta kalau buah duku bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini.




Artikel Terkait