Resep Tongseng Tanpa Santan

Resep Tongseng tanpa santan yang gurih dan lezat, saat ini banyak dicari orang. Tongseng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang popular di masyarakat karena dengan rasanya yang enak dan gurih. Tongseng kambing ini banyak kita jumpai  diberbagai daerah seperti di solo, Jakarta dan kota-kota lain. Tongseng kambing ini memang banyak di sukai orang baik dikalangan remaja sampai orang tua. Dan cara buatnya pun tidak sesulit yang banyak orang kira.

Saat Hari Raya Idul Adha, daging kurban  biasanya akan langsung dibagikan seusai penyembelihan dan pemotongan hewan kurban dilakukan. Hampir semua orang menerima daging kurban ini baik daging kambing atau daging sapi. Biasanya sih daging kambingnya dibuat sate kambing. Tapi bagian kambing lainnya, termasuk daging yang bercampur dengan tulang perlu dibuat masakan lain selain sate.
Tongseng Kambing



Berbagai menu disiapkan dan salah satu yang bisa diterapkan adalah tongseng kambing. Tongseng kambing ini ada menggunakan santan ada yang tanpa santan. Sobat bisa memilih sendiri mau masak tongseng tanpa santan atau malah suka masakan bersantan. Terserah sobat ABC Resep dan keluarga deh, mana yang lebih disukai.
Pada kesempatan kali ini yang akan ABC Resep bagikan adalah Resep Tongseng dan Cara memasak Tongseng tanpa santan. Kalau Resep Tongseng yang pakai Santan sobat bisa baca disini, Resep Tongseng Daging Kambing menggunakan Santan.
Anda tertarik membuat? Cara membuatnya cukup mudah. Segera siapkan bahannya dan masak sesuai dari resep tongseng kambing tanpa santan berikut ini :


Bahan Membuat Tongseng Kambing :

Daging kambing 500 gram, potong dadu
Kubis/Kol 200 gram, potong kecil.
Cabe merah 3 buah, iris tipis
Cabe rawit 6 buah atau sesuai selera
Tomat 2 buah, potong kasar
Bawang putih 1 siung, iris tipis
Bawang merah 3 butir, iris tipis
Lengkuas 1 cm, memarkan
Jahe 1 cm, memarkan
Daun jeruk 2 lembar
Kecap manis 5 sendok makan
Air 1.5 liter
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus Tongseng :

Bawang putih 3 siung
Bawang merah 5 butir
Kunyit bubuk ½ sendok teh
Merica bubuk 1 ½ sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Jeruk nipis secukupnya

Cara membuat Tongseng :
  1. Rebus daging kambing selama 1 jam atau lebih sampai daging empuk.
  2. Angkat. Tiriskan. Potong kecil-kecil.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis. Masukkan semua bumbu yang dihaluskan. Tambahkan lengkuas, jahe, dan daun jeruk. Tumis sampai tercium aroma harum.
  4. Tambahkan daging kambing dan aduk sampai warnanya mulai berubah agak gelap.
  5. Tambahkan air  dan tunggu sampai mendidih.
  6. Pada wajan lain, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  7. Tambahkan kecap, kubis, tomat, dan cabe rawit. Aduk rata hingga terlihat sayuran agak layu.
  8. Masukkan tumisan sayur ke dalam wajan berisi daging. Tunggu hingga mendidih beberapa saat. Setelah daging empuk dan tercampur rata, angkat dan hidangkan.

Mudahkan cara memasak tongseng kambing? Resep diatas untuk memasak tongseng yang tanpa menggunakan santan, kalau sobat ingin memasak tongseng yang bersantan, sobat bisa membacanya disini, Resep memasak tongseng bersantan atau bisa mencoba resep lainnya : resep tengkleng kambing.
Tips :
sebelum daging dimasak menjadi tongseng sebaiknya daging kambing diempukkan dulu dengan cara dimasak dalam waktu lama, diolesi nanas atau ikuti tips agar daging cepat empuk. Sementara untuk tomat, pilih yang tekturnya tua dengan kulit agak keras agar tidak hansur saat dimasak.


Artikel Terkait