25 Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Cepat dan Mudah

Tikus adalah salah satu hewan yang dekat dengan manusia tapi juga paling mengesalkan. Hewan pengerat satu ini sering membuat jengkel. Datang tiba-tiba, gak jelas dari mana datangnya, tahu-tahu glodak-glodak... eh, suara apa itu? Hei....ada tikus!!!. 

Kadang juga, lagi enak-enakan duduk-duduk sambil menikmati camilan yang paling enak, makanan kegemaran kita, nyam...nyam... eh...tiba-tiba ada tikus lewat di dekat kita tanpa rasa bersalah. Jadi hilang deh selera makan yang tadinya lagi on fire bangettt, mendadak lenyap gara-gara ada tikus. Sebel kan kalau udah ada tikus di rumah. 

Kalau di rumah ada tikus, semua jadi pada khawatir, kepikiran masakan yang masih anget tiba-tiba dijilatin dan dimakan ama tikus. Pasti pada jijik kalau sudah kayak gitu. Belom lagi tu tikus suka sembunyi di lemari, gerogoti apa aja yang ada. Kardus tempat nyimpan barang jadi lubang-lubang, buku yang tadinya rapi jadi sobek-sobek, kadang baju juga ikut sobek gara-gara dimakan tikus. Dan yang pasti, bau kotoran dan kencingnya itu, wuih... bikin mabok serumah.
cara mengusir dan membasmi tikus

Disamping mengganggu, tikus juga sumber penyakit misalnya leptospirosis. Penyakit leptospirosis ini berasal dari air kencing tikus. Nah, Bahaya kan? Jadi tambah pingin ngusir tikus segera dan secepatnya. Eits, tapi mengusir tikus dari rumah tidak mudah sob, hewan ini lincah dan pinter sembunyi. Kalau sudah sembunyi, anteng banget. Meski kita didekatnya atau bahkan kayu senjata kita hanya berjarak satu centi dari tubuhnya, si tikus akan diam aja. Dia akan bergerak lari kalau kita berhasil menyentuh tubuhnya. Jadi gak gampang nangkepnya. Tonton aja film Tom and Jerry, itu gambaran nyata betapa lihainya hewan satu ini. Sulit dimusnahkan. (baca juga : Gak Nyangka 7 makanan sederhana ini bisa melancarkan BAB)

Tapi sobat gak usah khawatir ABC RESEP akan memberikan 25 cara mengusir dan memusnahkan tikus dari rumah. Silahkan gunakan cara ini untuk mengatasi tikus di rumah sobat. Yuk, silahkan baca 25 Cara Mengusir Tikus dari Rumah. Kita akan mulai dari cara sederhana yang biasa dilakukan untuk membasmi tikus.


25 Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Mudah


1. Gunakan racun tikus
Cara ini biasanya yang dilakukan orang untuk memusnahkan tikus dari rumah. Memang ini cara yang mudah dan cepat untuk membasmi tikus. Hasilnyapun cukup memuaskan, tetapi akibatnya bisa berkepanjangan. 
Tikus yang memakan racun tikus yang sudah dicampur dengan makanan, tidak langsung mati di tempat ia makan, tetapi ia akan mati beberapa saat kemudian. Ini yang jadi masalah, tikus mati di tempat-tempat yang tak terduga, bahkan kadang sulit untuk kita jangkau. Akibatnya bau bangkai tikus akan menyengat berhari-hari bikin mabok satu rumah Anda.

2. Lem Tikus
Menggunakan lem tikus ini lebih aman daripada racun tikus. Tikus yang melewati lem, akan terjebak dan tidak bisa lagi bergerak, sehingga kalau mati, akan mati di tempat. Jadi lebih mudah membuang bangkainya. Tetapi ada kelemahannya, tikus yang terjebak di lem sering kali bisa meloloskan diri dengan mudah. Tapi cara ini bisa dicoba.

3. Perangkap Tikus
Perangkap tikus ini biasanya terbuat dari kawat besi. Sobat gak perlu bingung membuatnya, di toko-toko banyak yang jual. Perangkap tikus ini banyak yang gunakan, karena cara menggunakannya cukup mudah. Taruh aja makanan yang disukai tikus di tempat yang disediakan di dalam perangkap. Kemudian taruh perangkap di dekat sarang tikus atau tempat yang sering dilalui tikus.

Saran aja sih, dari pengalaman, beberapa makanan yang pernah Kami coba ternyata jagung muda lebih disukai dari makanan lainnya. Mungkin karena ini tikus Indonesia jadi lebih suka makanan asli Indonesia, gak seperti tikus si Jerry yang suka makan keju. he he... bahkan pernah beberapa kali ada lebih dari satu tikus yang masuk dalam satu perangkap dalam waktu yang bersamaan. Sampai penuh tuh perangkap. 

4.  Memelihara Kucing
Musuh utama dan yang paling ditakuti tikus adalah kucing. Kucing adalah hewan yang suka sekali makan tikus, apalagi kucing kampung. Kucing punya penciuman tajam, ia akan tahu posisi tikus bersembunyi. Biasanya, kucing akan menunggu di dekat persembunyian dan akan terus melihat ke arah persembunyian tikus. Kalau ada kucing, tidak masalah apakah jantan atau betina, tikus akan lari terbirit-birit dan bersembunyi. Kalau di film Tom and Jerry beda lho ya, itu kan cuma film anak-anak.

Dengan memelihara kucing, maka tikus akan bersembunyi dan tidak akan berani keluar seenaknya. Lama kelamaan, tikus-tikus itu akan dimangsa oleh kucing atau pergi sejauh-jauhnya dari rumah Anda dan akan berpikir sejuta kali untuk kembali ke rumah Anda.

5. Memelihara Jangkrik
Jangkrik bisa menjadi pilihan hewan yang bisa dipelihara untuk mengusir tikus. Jangkrik memang badannya lebih kecil dari tikus, tetapi ada kelebihan yang dimiliki jangkrik yang tidak disukai oleh tikus, yaitu suaranya yang keras. Suara jangkrik yang keras bisa mengganggu pendengaran tikus, sehingga membuat tikus tidak kerasan berada di rumah Anda. 
Dalam memelihara jangkrik, jangan asal jangkrik kemudian dipelihara. Pilihlah jangkrik jantan, karena suaranya lebih nyaring dari jangkrik betina. Letakkan jangkrik jantan di tempat-tempat yang disukai tikus. Niscaya si tikus gak betah, lalu cepat-cepat pindah ke rumah sebelah. he he...

6. Kapur Barus
Kapur barus punya bau yang cukup menyengat. Bagi kita kapur barus baunya harum, tapi bagi tikus lain lagi. Bau inilah yang tidak disukai oleh tikus. Letakkan kapur barus di tempat-tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian tikus, niscaya tikus akan kabur.

7. Daun Mint
Daun mint tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Daun mint bagi manusia merupakan daun yang punya aroma yang segar, tetapi aroma kesegaran daun mint tidak disukai oleh tikus. 
Ambillah beberapa daun mint, kemudian ambil sarinya. Larutkan ke dalam air. Semprotkan air larutan daun mint di tempat-tempat yang dilewati oleh tikus. Tikus akan berusaha menghindari daerah-daerah yang sudah disemprot larutan daun mint tadi.

8. Kulit Durian
Durian merupakan buah yang sudah diakui kelezatannya. Disamping rasanya yang lezat, buah durian juga memiliki bau khas yang sangat kuat. Bau durian yang kuat ini yang bisa digunakan untuk mengusir tikus, karena tikus memiliki indera penciuman yang tajam, maka bau durian yang sangat kuat membuat tikus cepat pergi dari rumah. 
Untuk mengusir tikus bisa menggunakan daging buah durian, bisa juga kulit durian. Tapi mending kulitnya aja deh, kalau daging buahnya, ya paling enak kita nikmati aja secara langsung atau buat campuran es, dibuat kue juga enak. Letakkan kulit durian di tempat-tempat kesukaan tikus. (baca juga : Resep aneka olahan berbahan ikan yang paling disukai)

9. Cabai dan Sabun Deterjen.
Cabai dan sabun deterjen untuk mencuci pakaian juga bisa digunakan untuk membasmi tikus di rumah. Caranya cukup mudah kok. Haluskan beberapa buah cabai rawit, bisa diuleg atau diblender. Kemudian campurkan dengan sedikit air. Lalu, tambahkan sabun deterjen. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray yang sudah tidak terpakai. Terus penggunaannya bagaimana?
Cairan ini tidak disemprotkan ke lantai atau tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus, tetapi semprotkan aja langsung ke mata tikus atau bokongnya yang nongol di tempat persembunyiaannya. Cairan itu akan menimbulkan rasa pedas dan panas, terutama kalau terkena mata.
Hati-hati! Simpan cairan ini di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh balita. Jangan sampai dipakai mainan oleh anak-anak karena sangat berbahaya kalau terkena mata.  

10. Mewarnai Tikus
Cara yang satu ini cukup aneh dan lucu, tapi cukup ampuh. Kalau sobat tidak jijik, cobalah pegang salah satu tikus, kemudian warnai tikus tersebut dengan pewarna makanan atau pewarna pakaian dengan warna yang mencolok semisal, merah, orange, kuning dll. Kalau jijik memegang tikus, bisa juga dengan menangkapnya lewat perangkap tikus. Tikus yang terperangkap, siram dengan zat pewarna yang sudah disiapkan. Setelah kering, lepas tikus tadi.
Tikus yang sudah diwarnai akan kembali ke sarangnya menemui teman-temannya. Tikus-tikus lain akan lari ketakutan melihat tikus yang sudah diwarnai tadi dan tidak akan berani kembali ke rumah Anda lagi. Kapok dikira ada hantu tikus kali ya...

11. Menggunakan Buah Mengkudu
Trik ini biasa digunakan oleh petani untuk mengusir tikus-tikus yang ada di sawah, tetapi tidak ada salahnya kalau diterapkan untuk mengusir tikus-tikus nakal di rumah. Seperti diketahui buah yang biasanya dipakai untuk jamu ini memiliki bau yang tidak enak, orang yang tidak biasa makan buah mengkudu akan tutup hidung karena baunya. 
Untuk mengusir tikus, hancurkan buah mengkudu, kemudian campur dengan air. Semprotkan di daerah yang biasa dilewati tikus. 

12. Minyak Peppermint
Minyak peppermint memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi minyak ini bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bau menyengat yang berasal dari minyak peppermint tidak disukai oleh tikus. Anda cukup mengoleskan minyak peppermint di tempat yang biasa dilewati oleh tikus atau di tempat persembunyiannya. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam minyak, kemudian letakkan kapas-kapas tadi di sudut-sudut ruangan, di bawah ranjang dan lemari atau temapt yang biasa disukai oleh tikus.

13. Ular
Ular merupakan salah satu hewan pemangsa tikus selain kucing. Tikus akan takut mendekat jika melihat ular. Tapi ga usah memelihara ular di dalam rumah juga kali, berbahaya tau!. Cobalah belih ular yang sudah dikeringkan atau bisa juga menggunakan ular plastik. Dijamin tikus akan lari terbirit-birit jika melihat ular-ularan ini.

14. Lada
Lada dikenal memiliki bau yang menyengat. Bau bubuk lada tidak hanya membuat hidung manusia menjadi gatal, tetapi juga bisa membuat tikus pergi dari rumah. Taburkan bubuk lada di tempat yang biasa dilalui tikus atau di dekat sarangnya. Bau menyengat dari lada akan membuat tikus tidak kuat kemudian akan pindahan dari rumah Anda.

15. Rambut Manusia
Rambut manusia juga bisa digunakan untuk membasmi tikus di rumah Anda. Taruh aja beberapa helai rambut di dekat sarang tikus atau tempat-tempat yang biasa dilalui. Tikus tidak akan tahan melihat rambut manusia, tikus akan memakannya. Tikus yang memakan rambut akan mati perlahan.

16. Irisan Bawang
Siapa sih yang tahan dengan bau bawang? Rupanya tidak hanya manusia yang tidak tahan dengan bau menyengat bawang, tetapi tikus juga tidak suka dengan bau bawang yang menyengat tajam. Iris beberapa siung bawang, kemudian taruh di dekat sarang tikus dan tempat kesukaan lainnya. Tikus tidak akan betah dengan bau bawang, tikuspun akan pergi menjauh dari rumah Anda. (baca juga gak sampai 5 menit jantung Anda akan sehat)

17. Daun Salam
Daun salam biasanya dipakai sebagai campuran masakan untuk menambah kesedapan makanan. Daun salam mengandung minyak atsiri, egeunol, tanin, flavonoid, dan metil kavikol. Oleh karena itu, tikus tidak suka dengan bau yang dihasilkan dari daun salam. Anda tinggal meletakkan beberapa lembar daun salam di dekat sarang dan tempat-tempat persembunyian tikus.

18. Baking Soda
Baking soda kalau dimakan akan menimbulkan gas. Jadi jika termakan oleh tikus, maka perut tikus akan terisi oleh gas. Sementara tikus merupakan hewan yang tidak bisa bersendawa ataupun muntah. Lambat laun tikus akan mati karena perutnya penuh dengan gas. 
Taburkan baking soda di makanan-makanan kesukaan tikus seperti jagung, ikan asin, dan sebagainya kemudian taruh di dekat tempat persembunyiannya sehingga tikus tertarik untuk memakannya.

19. Cengkeh
Cengkeh juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bau yang dihasilkan oleh cengkeh tidak disukai oleh tikus, sehingga membuat tikus tidak betah berada di rumah Anda. 
Taburkan cengkeh di tempat persembunyian tikus, atau yang biasa dilewati oleh tikus. Anda juga bisa membeli minyak cengkeh. celupkan kapas ke dalam minyak cengkeh, lalu taruh di tempat-tempat kesukaan tikus.

20. Alat Ultrasonik
Alat ultrasonik ini merupakan alat penemuan baru yang dianggap bisa mengusir tikus. Alat ini mengeluarkan suara pada gelombang 20 kHz yang bisa didengar oleh hewan pengerat seperti tikus. Suara bising yang dikeluarkan oleh alat ultrasonik membuat tikus tidak betah. Namun, setelah beberapa hari pemakaian, ada sebagian tikus yang tahan terhadap suara bising dari alat ini sehingga tetap berada di tempat persembunyiannya.

21. Bedak Bayi
Meskipun cara ini kurang efektif, tapi Anda perlu mencobanya. Taburkan bedak bayi di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus atau di dekat persembunyiannya. Jika bedak bayi ini dimakan oleh tikus, maka tikus akan mati.

22. Kotoran Sapi
Bau kotoran sapi memang menyengat, tapi itulah keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Tikus tidak akan suka dengan bau kotoran sapi yang menyengat tajam. Ambil kotoran sapi secukupnya, lalu letakkan di dekat sarang tikus atau tempat-tempat yang biasa dilewati agar si tikus tidak tahan tinggal di rumah Anda.

23. Air Kencing
Air kencing kita mengandung zat ammonia. Tikus biasa menandai daerah kekuasaanya dengan air kencingnya. Nah dengan menyemprotkan air kencing kita, maka tikus akan terganggu dan menghilangkan wilayahnya, sehingga membuatnya berpindah untuk mencari wilayah teritori baru. Tapi ingat ya, jangan banyak-banyak ntar malah bau pesing semua.

24. Daun Sirsak
Sirsak memiliki bau yang cukup menyengat. Mulai dari buah sampai daunnya juga mempunyai bau yang menyengat. Anda gunakan saja daun sirsak untuk mengusir tikus, karena tikus tidak suka dengan bau sirsak.

25. Kopi
Anda bisa menggunakan biji kopi untuk mengusir tikus, atau kalau tidak ada bisa gunakan kopi hitam. Biji kopi atau kopi hitam tidak disenangi tikus karena memiliki aroma tajam yang bisa membuat tikus susah bernapas. Taburkan aja kopi di dekat tempat persembunyian dan daerah yang biasa dilewati, maka tikus akan pergi dari rumah Anda. (baca juga : cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan alami)

Demikianlah 25 cara membasmi tikus dari rumah. Silahkan ikuti cara membasmi dan mengusir tikus yang ABC Resep uraikan di atas. Mudah bukan cara mengusir tikus ?




Artikel Terkait